Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Motivation Letter Beserta Contoh

Pengertian Motivation Letter

Motivation Letter merupakan suatu surat pengantar dengan pendamping dokumen lain seperti resume atau summary. Pada umumnya menjadi syarat wajib bagi yang berpartisipasi dalam mendaftar beasiswa baik dalam negeri maupun beasiswa luar negeri. Motivation letter juga berfungsi menjelaskan mengapa Anda sebagai pelamar dari kegiatan tersebut sangat cocok menjadi kandidat yang tepat untuk suatu program tertentu atau beasiswa pada program tersebut. Artinya, tujuan utama motivation letter adalah meyakinkan para penseleksi terkait kandidat yang cocok untuk suatu posisi tertentu sesuai kebutuhan. Secara umum, motivation letter sendiri akan memuat data terkait kualifikasi dan prestasi seseorang dalam beberapa tahun terakhir. Suatu Lembaga penyedia beasiswa tentunya ingin mengenal dan mengetahui lebih dalam lagi tentang peribadi dirimu melalui data yang diisi motivation letter. Untuk itu, fungsi motivation letter adalah berfungsi untuk menjabarkan mengenai latar belakang  seseorang seperti pendidikan, motivasi, cita-cita, pengalaman, dan kelebihan yang dimiliki.

Struktur Penulisan Motivation Letter

Motivation letter sebaiknya dituliskan dengan to the point atau tidak bertele-tele dan berlebihan. Tak perlu membuat biografi hidup secara Panjang lebar untuk menjelaskan tentang dirimu dan kelebihan secara singkat dan padat untuk yang mendaftar pada program tersebut. Berikut ini merupakan beberapa kiat menuliskan motivation letter agar lebih bagus dibanding orang lain:
  • Jelaskan dengan singkat mengenai dirimu. Jelaskan identitas dengan jelas, termasuk kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.
  • Jabarkan latar belakang pendidikan. Motivation letter umumnya digunakan dalam bidang pendidikan, sehingga latar belakang yang baik akan berpengaruh besar dalam proses seleksi.
  • Tuliskan prestasi dan pengalaman yang pernah Anda raih sebelumnya. Pengalaman dan prestasi dalam pendidikan atau bidang kerja ini akan mendorong perekrut untuk memahami dirimu dengan lebih baik. Jabarkan dengan jelas pengalaman dan prestasi yang Anda miliki.
  • Jabarkan kompetensi yang akan berpengaruh dalam suatu proses seleksi, tonjolkan kompetensi
  • Jelaskan alasan mendaftar. Berikan alasan yang jelas dan lugas serta jujur, sehingga perekrut dapat melihat minat serta alasan yang kuat untuk merekrut mu.
  • Dalam pengajuan beasiswa, jelaskan mata kuliah yang menjadi minat utama nya. Jelaskan minat besar yang Anda miliki agar mereka dapat memahamimu dengan lebih baik untuk menunjang perekrutan
  • Jelaskan mengapa Anda pantas mendapatkannya. Uraikan keunggulan dan rencana yang Anda miliki jika terpilih dalam seleksi.
  • Jelaskan apa saja rencana Masa depan yang Anda miliki sebab tentunya Perekrut ingin mengetahui potensi yang Anda miliki jika Anda menjadi kandidat yang terpilih, sehingga apa rencanamu di Masa depan Akan mempengaruhi hasil seleksi.

Langkah Membuat Motivation Letter

Sebelum mengirim surat motivasi, sebaiknya Anda mengoreksi dengan baik dahulu surat yang Anda tuliskan dengan memperhatikan berbagai hal detail. Perbaiki semua kesalahan eja dan tata Bahasa Indonesia serta logika kalimat pada setiap paragraf. Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan dalam mewujudkan motivation letter terbaik.

1. Sesuaikan Format Penulisan

Bila terdapat ketentuan dalam penulisan surat motivasi seperti format, panjang tulisan dan konten yang telah ditetapkan sebelumnya, maka Anda harus menyesuaikannya. Menulis sesuai kepribadian dengan senatural mungkin

2. Gunakan Penulisan Bahasa Inggris yang Baik

Gunakan Bahasa Inggris dengan grammar yang baik dan penulisan yang jelas, resmi namun mudah dipahami. Hindari menggunakan singkatan atau istilah yang sulit dimengerti. Fokuslah dalam mendeskripsikan kekuatan dan keunggulanmu

3. Pembuka

Pembuka sebagai suatu hal penting dalam membuat motivation letter. Motivation letter sebaiknya dibuat dengan menarik dan tidak berlebihan. Jabarkan nama, asal sekolah, universitas, dan aktivitas yang saat ini Anda lakukan. Jelaskan mengapa Anda tertarik untuk mendaftar ke program beasiswa tersebut. Anda juga bisa membuat paragraf pembuka motivation letter dengan latar belakang bidang yang Anda incar. Misalnya, Anda mendaftar beasiswa S2 arsitektur di luar negeri. Untuk itu, Anda bisa menjelaskan kondisi dunia arsitektur saat ini.

4. Isi

Setelah pembuka, cara membuat motivation letter selanjutnya adalah menjelaskan terkait kegiatan, prestasi, keahlian, motivasi, pengalaman, visi misi, serta tujuan jangka pendek dan jangka Panjang yang Anda miliki. Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa membuktikan dengan sertifikat-sertifikat program secara terpisah.

5. Penutup

Cara membuat motivation letter selanjutnya adalah menuliskan bagian penutup. Pada bagian ini, sampaikan harapan yang Anda miliki jika diterima dalam program tersebut. Jelaskan hal apa saja yang akan Anda lakukan jika diterima. Yakinkanlah bahwa Anda adalah kandidat terbaik dan tepat. Sampaikan tujuan dan tekad secara singkat, jelas, dan tegas untuk menunjukkan rasa percaya dirimu meskipun dalam bentuk tulisan.

6. Perhatikan Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Beberapa hal perlu dihindari agar motivation letter terlihat kredibel, diantaranya hindari typo. Cek kembali setelah selesai membuat motivation letter. Penggunaan Bahasa inggris yang baik, hindari menggunakan Bahasa Inggris gaul atau informal karena akan membuatmu tampak tidak profesional. Jangan juga menunjukkan ketidakpercayaan diri dalam motivation letter karena perekrut Akan berusaha mengenal dirimu lewat motivation letter yang Anda miliki, apalagi mengeluh dan menyalahkan keadaan. Jika ingin menuliskan kekurangan atau masalah dalam motivation letter, hindari mengeluh atau menyalahkan keadaan. Sebaiknya tunjukkan solusi dan rencana Masa depan untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Buat dengan Menarik

Faktanya, motivation letter memang hanya lembaran kertas. Tapi melalui lembaran kertas ini Anda harus mampu menunjukkan segala yang ada di pikiranmu. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa motivation letter-mu menarik untuk dibaca. Intinya, jika Anda yang menulis saja tidak tertarik saat membacanya, apalagi dengan pihak universitas.

8. Fokus pada Satu Aspek

Fokuslah pada satu aspek terbaik principle Anda miliki atau cerita terbaik dalam hidupmu sehingga pembaca benar-benar bisa mengenalmu melalui motivation letter principle Anda buat. Anda harus tahu bahwa penting untuk membuat pembaca tahu apa topik principle ingin Anda angkat, dan sebisa mungkin buat alur principle runtut Iranian language awal hingga akhir essay.

9. Jangan Hanya Bercerita

Tunjukan saat membuat motivation letter, hindari untuk menggunakan phrase, kalimat atau opini umum seperti “Saya suka bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai belahan dunia”. Lebih baik jika memasukkan alasan yang lebih spesifik seperti alasan dan hal-hal yang Anda lakukan untuk mengembangkan idemu. Jelaskan, apa yang menjadi alasanmu suka bertemu dengan orang baru, apa saja yang senang Anda diskusikan dengan mereka, hingga apa saja alasan yang mendasari pertemuan itu. Selain itu sebisa mungkin hindari untuk menulis sesuatu yang Anda pikir pihak kampus ingin mendengarnya. Akan lebih baik jika motivation letter kemudian dapat menjawab semua pertanyaan (guiding questions) dari pihak kampus.

10. Maksimalkan Batas Jumlah Kata

Pada dasarnya tidak ada aturan pasti berapa jumlah kata yang diharuskan dalam suatu penulisan motivation letter. Anda dapat menyesuaikan jumlah kata ini dengan persyaratan yang diberikan oleh pihak kampus atau penyedia beasiswa. Saat membuat draft pertama, jangan pedulikan batasan jumlah kata ini. buat saja motivation letter sesuai dengan keinginanmu. Nah, setelah draft jadi dan Anda melakukan review maka Anda bisa melakukan pemotongan di beberapa bagian yang Anda anggap tidak perlu. Sebisa mungkin hasil akhir motivation letter harus sesuai dengan batasan jumlah kata yang ditentukan ya.

Contoh Moivation Letter

Berikut adalah contoh motivation letter dalam bahasa inggris . "Dear Sir/Madam, I am Ica, a graduate student from Atlas University in the capital of Indonesia, with a Bachelor’s degree in English Education. The aim of this motivation letter is to use the letter of the alphabet University 2022 Education educational program. Since I graduated, I have even been teaching English to high school students in one of the schooling centers In the capital of Indonesia. Atlas University has prepared me for knowledgeable operating life. it’s jointly helped me develop each of my English and teaching skills through coaching and situation. My initial situation was at the ‘English is Fun!’ tuition center situated in the capital of Indonesia. I’m assured to say that I have even improved my skills as well as understanding however students might learn English to support their interests. That’s way, I used to be dedicated to the most effective interns because of my distinctive method. Besides, I’m want to take further tasks privately teaching and act with individuals. For me, the 2020 Education educational program is a noteworthy journey that may even be serving my skills. Since I’m an Associate in Nursing English enthusiast myself, I’m sure that this program can bring a positive impact on my achievements and experiences. Hence, I’m willing to undertake any challenges offered by the program in a while. Thank you for reviewing my motivation letter. I will be able to assert my personal info for you to rearrange Associate in Nursing interview sessions. Please kindly contact me if you discover me as an appropriate candidate for the program. I foresee hearing additional notice. Best regards, Ica Jakarta, Ica123@yahoo.com